Senin, 22 Februari 2010

3 Membuat Speaker Aktif Sendiri


Bahan - bahan yang di perlukan untuk membuat speaker aktif:
  1.  Power Supply
  2. Stabilizer
  3. Amplifier
  4. Tune Control
  5. Equalizer
  6. Mixer Audio
  7. speker
power supply
Bagian utama dari IC adalah 7.818 dan kapasitor 1000uF 35V.
Saya menggunakan transformator 18VAC 1A, keluaran dari transformator disearahkan oleh dioda 1N4007 atau setara.
Tegangan di sini adalah nilai yang tidak diatur 24V ke 26V DC.
Anda harus menggunakan IC1 dengan heatsink yang cocok.

stabilizer
alat untuk menyetabilkan teganggan yang kemudian akan di salurkan ke amplifier dan komponen - komponen lainnya.



amplifier
sebuah audio power amplifier 15W yang dibangun dengan sebuah jembatan TDA2030 dalam hubungan dengan tegangan kurang lebih 18V power supply simetris. Mudah untuk membangun, melakukannya sendiri penguat audio yang akan memberikan hingga 15W di 8O pembicara. Harap gunakan headsink yang baik untuk mendinginkan TDA2030 power amplifier.
Sirkuit terintegrasi TDA2030 sangat murah dan berguna bila Anda ingin memulai penguat audio kecil. Satu-satunya hal yang harus dipertimbangkan adalah menggunakan power supply yang baik dan heatsink atau Anda akan mengambil risiko untuk membakar IC penguat berharga ini.

tune control
adalah salah satu alat untuk mengatur keras lembutnya suara bass, middle,dan trieble.



equalizer
adalah alat untuk mengatur keras lembutnya frekuensi, cara kerjanya hampir sama dengan tune control hanya band dari equalizer lebih banyak dari tune control.

Mixer Audio
Mixer audio digunakan untuk mencampur sinyal audio dari berbagai sumber audio lain. karakteristik bunyi yang berbeda pula, sehingga setiap sumber bunyi memerlukan pengaturan volume, frekuensi, dan pengaturan lainnya. Keluaran mixer audio berupa sinyal audio yang merupakan hasil gabungan dari berbagai sumber. Mixer audio juga dipakai di studio rekaman, fungsinya sama seperti penggunaan mixer audio pada konser musik.


speker
Speaker tidak dapat dipisahkan dari peralatan audio, karena suara dihasilkan dari alat ini. Speaker akan mengubah sinyal audio menjadi getaran yang dapat didengarkan oleh telinga manusia. Dalam pengoperasian speaker akan memperhatikan impedansi masukan (dalam ohm) dan daya maksimum (watt). Speaker dapat dibedakan menjadi dua, yaitu speaker pasif dan speaker aktif. Pada speaker pasif, sinyal masukan akan langsung dihubungkan dengan dengan speaker.

3 komentar:

Rosidin Brebess mengatakan...

berapa harganya tda 2030

Obat Mata Minus Silinder Plus Katarak mengatakan...

Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

Ricjan nola mengatakan...

makasih atas infonya ya gan

Poskan Komentar