Rancangan Rumah Hemat Energi


Ketika akan membangun rumah,semua orang tentunya mengharapkan jika rumah yang dibangun itu akan disebut rumah pertemuan dan indah, sehat dan nyaman. Untuk aspek keindahan tentunya bersifat relatif, karena pandangan biasanya tidak sama ketika datang ke keindahan bangunan.

Tapi ketika datang ke aspek kesehatan, biasanya standarnya adalah seragam. Dalam hal ini, kita mungkin akan setuju jika itu rumah sehat memenuhi beberapa kriteria, diantaranya: sirkulasi udara yang baik, ruangan yang mendapat cukup cahaya alami dari matahari,tata letak ruangan yang memudahkan pergerakan penghuni untuk beraktifitas,tersedianya lahan terbuka unntuk menanam tanaman, dll.

Rumah Hemat Energi Membawa Dampak Positif Pada Faktor Ekonomi

Disamping menginginkan rumah sehat, tidak kalah pentingnya memikirkan rumah hemat energi. Untuk itu apabila merencanakan pembangunan rumah hendaknya faktor hemat energi turut di perhatikan sebagaimana faktor estetika dan kenyamanan. Berbicara tentang rumah hemat energi berarti menyangkut beberapa aspek seperti tata letak ruangan jendela, pemilihan warna, sumber penerangan dan tata letak lampu serta ventilasi.

"faktor hemat energi turut di perhatikan sebagaimana faktor estetika " + data:blog.searchQuery + " seperti tata letak ruangan jendela " + data:blog.searchQuery + " adalah "

Pada kesempatan ini penulis akan membahas tentang membangun rumah sehat dengan gambaran pada sirkulasi udara (penghawaan) dan pencahayaan alami di kamar dalam rumah.

Beberapa Aspek Rumah Hemat Energi

1. Tata Letak Ruangan dan Jendela
2. Pemilihan Warna Cat
3. Tata lampu
4. Memfokuskan Cahaya
5. Ventilasi

Rumah hemat energi berdampak positif bagi keluarga baik dari sisi ekonomi, kesehatan dan penggunaan tenaga listrik akan berkurang. Karena rumah hemat energi tidak menggunakan pencahayaan dari lampu listrik di siang hari dan mengurangi penggunaan AC atau Fan, sebab cahaya matahari sudah cukup menerangi seluruh ruangan dan sirkulasi udara yang cukup dengan ventilasi yang baik.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Rancangan Rumah Hemat Energi"